Chiptune – Dari Mainan Jadi Musik

Posted: January 30, 2013 in Edisi 1, Masa Kini

Tahu dong mainan gameboy? Pernah dong kamu main gameboy? Tahukan kamu kalau di gameboy itu ada bunyi musik video gamesnya? Nah! Ternyata dari musik di gameboy tersebut dapat menghasilkan suatu genre musik, yang kita kenal dengan musik electro. Musik eloctro sendiri banyak jenis loh! Salah satunya, chiptune.

Di Indonesia sendiri chiptune mulai menampakan diri tahun 2006. Bermula dari musisi-musisi kita yang bereksperimen dengan musik. Ternyata musik chiptune langsung mempunyai penggemarnya tersendiri sehingga terbentuklah sebuah komunitas chiptune pertama dan terbesar di Indonesia, yaitu Indonesian Chiptune pada 2007.

Salah satu musisi Indonesia yang mengusung musik Chiptune dan tengah melebarkan sayapnya adalah DYZTRK. Nama yang dipilih duo chiptuners ini sebetulnya berasal dari kata “distract” yang berarti mengganggu. Ternyata selain mengganggu mata dengan keunikannya juga sukses ‘mengganggu’ telingga kita dengan musiknya dari tahun 2007 ini rupanya sudah cukup terkenal dan berkualitas loh. Terbukti mereka sudah pernah menginjakkan kaki diatas panggung Java Jazz Festival tahun 2009 lalu, tak hanya itu 2011 mereka juga sempat meramaikan Java Soulnation loh.

Saat diwawancara melalui BBM, mereka mengaku cukup kerepotan saat melakukan persiapan untuk unjuk gigi didepan audience karena banyaknya peralatan yang mereka pakai. Karena selain menggunakan Nitendo Gameboy DMG-01 yang dilengkapi dengan software LSDJ mereka juga memakai Roland SP-606 dan Sp-404 untuk efek filter, Korg Kaoss Pad 3 untk efek delay dan filter, serta Korg Kaossilator Pro & Korg Mini-KP untuk sound effect seperti noise & synth. Kebayang dong ribetnya mereka gimana? Kebayang juga dong kerennya aksi mereka?

Dalam bermusik, Aldhan yang bergabung di Storia dan Caesar yang juga bergabung di Soulvibe mengaku mendapat influence dari Jaka a.k.a JW86 salah satu pelopor chiptuner Indonesia dan Xinon dari Jepang, mereka juga mendengarkan Daft Punk dari Perancis, Kraftwerk dari Jerman dan YMO dari Jepang yang musiknya danceable.

Buat temen-temen yang penasaran dengan musik mereka, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu yang dicover Caesar dan Aldhan di soundcloud.com/dyztrk. Selain cover lagu, kamu juga bisa mendengarkan lagu mereka sendiri yang judulnya DYZKO, Wishing, Main Itu Hidup Hidup Itu Main, Can’t Live Without You dan yang terbaru Microdane. Tapi kalau kamu mau otodidak belajar chiptune seperti mereka, DYZTRK ngasih bocoran resep rahasiannya nih. Kamu bisa belajar melalui Youtube, Google atau bergabung dengan komunitasnya. Kamu juga bisa mempelajari software yang mereka pakai di littlesounddj.com loh. Simple kan? Selamat berkarya!!

Penulis: Fitri Puri Chandra, Maria Karlita S, Karlan Apriansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s